''For no other reason when I fight like this, if not for the people I love''


Sunday 16 April 2017

CONTOH TEKS RAPAT KEGIATAN BULAN SUCI RAMADHAN (Awal)




RAPAT KOORDINASI  & PEMBENTUKAN SEKSI-SEKSI PANITIA KEGIATAN BULAN SUCI RAMADHAN (PKBSR)

Bismillahirohmanirohim, Assalamualaikum Wr, Wb,
Alhamdulillahirobil alamin, Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta alam. Semoga rahmat dan salam selalu Terlimpah kepada Nabi Muhamad saw, keluarganya, sahabat-sahabatnya hingga kepada kita semuanya ummat muslim di seluruh dunia sampai akhir zaman kelak nanti amin.
marilah bersama-sama kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, atas nikmat iman dan islam hingga, pada malam hari ini kita semua dapat berkumpul bersama  di  Masjid Sabiilul Mutaqiin ini, guna mengikuti rapat koordinasi panitia bulan ramadhan 1436 h

Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas kedatangannya kepada Sdr. Agung Widodo selaku ketua PKBSR 1436 H, Kemudian Sdr Irdian Aji Selaku Bendahara, dan terimakasih pula kepada Ibu-Ibu, Mbak-embak, Mas-mas, adik-adik dan semua undangan yang telah meluangkan waktunya dalam menghadiri rapat pada malam hari ini.

Berhubung sudah tersedia hidangan, mari kita berdoa bersama dahulu sebelum kita menikmati makan dan minum yang sudah disediakan : Alloh Humma Bariklana Fima Rozaqtana Wakina aza bannar.
Langsung saja untuk mempersingkat waktu, dalam rapat ini, kami selaku Panitia inti yang telah di bentuk takmir ingin mengajak hadirin  sekalian untuk membahas hal-hal krusial di Kegiatan Bulan ramadhan pada tahun ini. Mungkin nanti dari teman-teman panitia inti bisa membantu saya untuk menjelaskan hal- hal yang akan kami bahas berikut. Ok langsung saja ke pokok bahasan. Kepada Yth Ketua PKBSR, kami persilahkan.

(dipimpin langsung oleh ketua panitia / Sekertaris selaku MC tidak masalah)

1)        Pembentukan Seksi-seksi.
Kebetulan sebagian besar seksi sudah di tetapkan pada rapat sebelumnya, monggo sahabat-sahabat ku sekalian bisa dibaca di papan berikut, selanjutnya kami akan menjelaskan tugas masing masing seksi. Mungkin disini juga kami masih mengharapkan bantuan untuk penambahan personil. (menjelaskan tugas masing masing personil /Jobdesk)

2)        Pokok Bahasan Takjil dan konsumsi.
Untuk Takjil dan konsumsi pada rapat sebelumnya, telah diusulkan untuk menggunakan jenis makanan, dan meniadakan uang untuk pentakjil reguler/ umum. Mengingat kondisi pengelolaan yang akan menjadi rumit dan memakan banyak waktu untuk seksi Takjil dan konsumsi. Nanti akan kami usahakan memberikan informasi berikut pada surat permohonan takjil ke warga. Seandainya suatu saat terjadi kasus, ada musafir ingin memberikan takjil namun memberikan uang, mohon bagi penerima, menayakan terlebih dahulu, apakah uang tersebut boleh dibelanjakan untuk kegiatan lain semisal pengajian nuzulul, atau khataman, apakah boleh atau tidak. Monggo tanggapanya .

Untuk pembagian kelompok takjil pada tiap harinya  kami sediakan 3 slot pentakjil seperti tahun-tahun sebelumnya, nanti sewaktu memberikan penjelasan kepada calon pentakjil bahwa takjil tersebut tidak mesti akan dibagikan pada sore / malam hari mengingat situasi dan kondisi bisa berubah-ubah. Karena lokasi Masjid di pinggir jalan otomatis bisa saja pada sore hari trjadi lonjakan jumlah orang yang berbuka puasa. Dan ini ya salah satu konsekwensi yang masyarakat juga wajib tahu, sehingga nanti untuk akad yang disampaikan kepada warga yang akan menyumbangkan ta'jil bisa merelakan apabila seandainya sebagian dari porsi ta'jilnya digunakan konsumsi untuk yang bertaddarus di Masjid.
Untuk jumlah makan setiap pentakjil beberapa waktu yang lalu adalah sebanyak 70 porsi makanan dan apabila di kalikan 3 pentakjil berjumlah 210 porsi makanan, bisa di bagi dua season, misal sore 150 porsi makanan, malam harinya 60 porsi makanan, Silahkan memberikan tanggapan.

Untuk menyingkat waktu masalah snack nuzulul khataman, takbiran nanti kita rapatkan Sewaktu ramadhan saja, sebagai gambaran singkat saja, pada tahun lalu, Untuk Nuzulul itu memesan sebanyak 150 box @ 
IDR. 7000 , dan untuk khataman mungkin jumlahnya tidak jauh berbeda mungkin bisa berkurang. Sedangkan untuk Takbiran sekitar 65-80 porsi.

3)        Piket harian
Untuk piket harian mungkin ini yang akan sedikit alot tapi mari kita coba bahas lebih lanjut
Mungkin bisa saya jelaskan juga sedikit tentang pendapat mas rozaq pada rapat sebelumnya bahwa koordinator akan di hapuskan dari Susunan kepanitiaan , mungkin kalau tidak salah tangkap  saya bisa jelaskan sebagai berikut, kalau nanti salah mohon di benarkan. Jadi Kita berharap banyak nih pada sahabat “ ku sekalian nih untuk mencoba lebih mandiri, mengingat kalau ibu” itu kan tugas nya di rumah juga berat tho, nah ini apakah tidak kita coba sahabat” ini mengelola konsumsinya dan piket nya tidak terlalu membebani ibu ibu- bukan berarti kita trus tidak membutuhkan mereka, namun ya nanti mohon kalau misal kita tidak tahu ini itu ya bisa tanya ke ibu” yang tadi nya koordinator ini, atau bisa siapa saja tidak mengikat, saya yakin nanti Ibu ibu di sini juga pasti akan memberikan bantuan, toh nantinya takjil juga akan berupa makanan, dan insyaaloh juga di antar. Kalau seandainya kepepet nya pentakjil ngak bisa ngantar ya kita bisa minta tolong ke siapa saja yang ada di situ, atau siapapun toh ini makanan dari kita untuk kita. Atau kalau misalnya ngangkat jumbo berat ya tinggalin aja dulu ntar malem kan juga ada mas-mas nya yang bisa bantuin, nah ini makanya perlu sedia aqua banyak buat cadangan kalau kejadian” seperti tersebut. Namun sekali lagi mungkin akan kami tawarkan mengenahi Koordinator masalah Konsumsi yang nantinya akan berkaitan erat dengan piket harian, apakah perlu di bentuk khusus, ataukah cukup seperti pada penjelasan saya sebelumnya ini, apabila memang sekiranya perlu maka nanti kami akan kami tulis dalam daftar tersendiri di luar dari kepanitiaan untuk masalah Bidang koordinasi, dan konsultasi masalah konsumsi, jadi contoh kongkritnya misal bu Amir dan ibu  Jono dan beberapa ibu yang lain mengajukan diri sebagai koorinator dan konsultasi masalah konsumsi makan bu amir dan ibu jono dan ibu ibu yang menjadi koordinator tersebut memberikan nomer telefon  saja, jadi istilahnya si anak piket atau seksi konsumsinya tinggal dia sms atau tilfun supaya komunikasinya lebih lancar, soalnya kan kadang anak-anak kan masih malu malu kalau harus bertamu dan segala macam, jadi menurut hemat saya kita jembatani dengan cara tersebut.  atau bisa juga bertanya sama kita kita ini, kalau misal masih malu malu sama ibuk-ibuknya. soalnya yang paling saya harapkan ialah interkoneksi atau komunikasi sesama kita itu baik sehingga mendukung kegiatan kita lebih lancar. monggo bagaimana tanggapanya.

4)        Mc anak anak.
. Blangko kosong dan referensi (dibagikan ke peserta)
. contoh text pidato. 
(dibagikan ke peserta)

Bagi adik-adik TPA, kami harapkan untuk mengisi blangko kosong MC pembacaan imam,khatib, dan infaq ramadhan.

Atau bisa Juga nanti kita buatkan blangko kosong, kita tempel, di papan nanti tinggal Koordinator TPA menulis namanya saja dengan tulisan tangan.

Monggo Ada pertanyaan ?,
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
(Kembali ke MC)
Berhubung semua agenda sudah terbahas, akan saya bacakan keputusan rapat pada malam hari inI

Karena kami anggap dalam rapat ini sudah membuahkan keputusan dan, kami anggap selesai, maka, rapat Panitia Bulan ramadhan 1436 h pada malam hari ini kami tutup.

Marilah bersama-sama kita membaca hamdalah, Alhamdulillahirobil alamin, serta membaca doa akhir majlis : Subhanaka Allohuma wabihamdika ashadualla ilaha illa anta astagfiruka waatubu illaik, lahaola walakuwata ila bilalahil aliyil adzim,
 
wabilahi taufik wal hidayah, wassalamu alaikum wr wb.


Demikianlan contoh teks MC untuk rapat awal Ramadhan, atau rapat koordinasi kepanitaiaan ramadhan, untuk secara garis besar sobat sekalian bisa menirunya. Untuk isi dari teks mc tersebut lebih spesifik ke kegiatan ramadhan di masjid kami "Sabiilul Muttaqiin" sehingga mungkin kontentnya mengerucut ke permasalahan-permasalahan di lingkungan kami. Pada intinya pada rapat koordinasi, dan rapat panitia ialah membahas segala hal yang berkaitan A-Z kegiatan yang akan dilakukan di bulan Ramadhan.Semoga bermanfaat untuk sobat-sobatku sekalian. |Afr|

No comments:

Post a Comment