''For no other reason when I fight like this, if not for the people I love''


Sunday 16 April 2017

CONTOH JOBDESK PERSONIL PANITIA KEGIATAN RAMADHAN


PENJELASAN TUGAS MASING-MASING SEKSI PKBSR 1436 H
Masjid Sabiilul Muttaqiin

SEKSI PENCERAMAH
Bertugas dalam hal pengadaan/ pengupayaan penceramah, untuk kegiatan-kegiatan tertentu selama dalam lingkup kegiatan bulan suci Ramadhan 1436 H. Dalam pelaksanaannya pada tahun ini sama seperti dengan tahun sebelumnya dengan system Swakelola, dilakukan oleh beberapa anggota panitia, bersama takmir.

SEKSI PUBDEKDOK (Publikasi Dekorasi Dokumentasi)
Bertugas dalam hal pengadaan/ pengupayaan komunikasi visual, dalam rangka penyampaian informasi maupun bersifat slogan komunikatif ivent Ramadhan maupun dekorasi acara-acara khusus yang disebutkan dalam menu ramadhan, serta mengupayakan pendokumentasian digital foto acara-acara yang sekiranya perlu pendokumentasian.

SEKSI TAKJIL & KONSUMSI
Bertugas dalam hal pengadaan/ pengupayaan ketersediaan hidangan Tak’jil dan segala konsumsi yang terjadi di ivent ramadhan. Pada tahun ini akan kami coba memberikan porsi lebih banyak kepada Remaja Putri untuk lebih ambil bagian dalam tugas ini, dan nantinya kami harapkan selalu menjalin komunikasi dengan ibu- ibu senior, maupun panitia bila terjadi kendala di lapangan. Secara lebih spesifik, kami jabarkan dalam poin-poin berikut :
1.       Mendatangi rumah warga untuk mengajukan surat permohonan/ memfasilitasi/Mengajukan daftar kosong jadwal takjil kepada warga yang ingin memberikan takjil di Masjid Sabiilul Muttaqiin. Boleh dengan cara dor to dor, forum arisan, dan lain-lain kami tidak akan membatasi. Data kemudian diserahkan kepada Sekertaris, sebisa mungkin 6 hari sebelum hari pertama ramadhan data sudah terkumpul.
2.       Mengelola pembagian takjil yang telah datang nantinya, contoh : sore hari datang 3 macam takjil dari 3 orang berbeda maka seksi takjil memberikan komando atau ikut memilah mana makanan yang akan dibagikan sore hari maupun malam hari untuk acara Taddarus.
3.       Nantinya akan diupayakan kami selaku panitia akan memberikan surat edaran bahwasanya takjilan akan berupa makanan & minuman saja, dan semoga diantar sampai masjid. Apabila terjadi hal lain, semisal pentakjil tidak bisa mengantarkan takjil dan terpaksanya anggota piket hanya sedikit, bisa meminta tolong kepada anak-anak TPA yang sudah berumur, maupun meminta tolong kepada siapa saja, kami tidak akan membatasi mengingat kondisi yang terkendala SDM (sumber daya manusia) ramaja di lingkungan kita.
4.       Untuk Pengadaan konsumsi ivent Nuzulul maupun Khataman dimohon untuk mengajak berunding dengan panitia terlebih dahulu.

SEKSI NUZULUL QURAN
Bertugas dalam hal pengadaan/ pengupayaan Terselenggaranya Acara Nuzulul Quran, semua elemen panitia akan terlibat.

SEKSI TPA
Bertugas dalam hal pengadaan/ pengupayaan Terselenggaranya Acara TPA anak sore hari , dan alhamdulilah tidak akan berbeda dengan TPA pada hari hari biasa. (Dikelola oleh Ustad & Ustadzah yang setiap harinya mengajar TPA)

SEKSI HUMAS
Bertugas dalam hal menyampaikan surat undangan yang dibuat sekertaris untuk dibagikan kepada warga, maupun pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan Ramadhan.

SEKSI TADDARUS
Bertugas memfasilitasi dan menjaga ketertiban selama kegiatan taddarus Al-Quran.

SEKSI TAKBIRAN
Bertugas memfasilitasi kegiatan takbiran. Misal : Pembuatan / pengadaan fasilitas takbir berupa toa, oncor, lampion, dsb.

MC RAMADHAN ANAK
Membacakan teks yang sudah tersedia di mimbar khusus MC, yang isinya berupa informasi perolehan infaq dan informasi penceramah.

PETUGAS PIKET HARIAN RAMADHAN
Bertugas dalam membantu pengelolaan konsumsi tak’jil pada sore sebelum berbuka puasa, dan hidangan taddarus pada malam hari ba’da shalat tarawih. Apabila seandainya penta’jil tidak bisa mengantar di mohon untuk mengambil tak’jil, apabila personil tidak memadai bolehlah meminta bantuan siapapun kami tidak membatasi, namun apabila tidak ada yang bisa di mintai tolong, maka bisa di sampaikan ke panitia sehingga nanti pada malam harinya bisa dibantu untuk mengambil oleh personil yang lain.

Kurang lebih seperti itulah gambaran dari tugas-tugas masing-masing personil Panitia Kegiatan Bulan Suci Ramadhan, khususnya di lingkungan kami. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat sekalian. |Afr|

No comments:

Post a Comment